Cara Menciptakan Puisi Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ditulis sebagai cara mengungkapkan perasaan melalui goresan pena yang unik, menarik, dan kreatif. Puisi termasuk salah satu karya sastra yang digemari banyak orang. Mulai dari usia belia, sampaumur hingga orang tua. Para penikmat sastra niscaya sudah tak aneh lagi untuk mengetahui apa itu puisi.

Puisi mempunyai banyak sekali banyak macam jenis menyerupai puisi cinta, puisi bebas, puisi untuk lomba, puisi untuk ibu, puisi untuk ayah, puisi galau, puisi untuk guru, puisi sahabat, puisi wacana alam, puisi pendek, puisi kemerdekaan, puisi pendidikan, puisi sekolah dan sebagainya.

Sebenarnya puisi sering dijadikan salah satu media penyampai pesan. Isi pesan yang disampaikan pun beragam. Tak hanya wacana kegundahan atau kegamangan, namun juga banyak wacana keromantisan atau percintaan. Pesan atau ungkapan yang disampaikan merupakan bentuk ekspresi sang penulis yang bersumber dari gagasan atau inspirasinya.

Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula
Cara Membuat Puisi Untuk Pemula
Di Indonesia sendiri sejauh ini ada sejumlah sastrawan puisi yang sudah banyak dikenal, menyerupai Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar ataupun WS. Rendra. Puisi-puisinya sangat indah. Seperti pada puisi “Aku ingin” dari Sapardi Djoko maupun puisi ‘Sajak Putih” dari karangan Chairil Anwar. Kata-kata yang terdapat dalam puisi tersebut begitu unik dan menyentuh hati.

Pastinya dalam setiap pembuatan puisi terdapat hukum tertentu. Di antaranya rima, jumlah baris, dan juga makna yang tersirat di dalam puisi tersebut. Dengan kata lain, puisi mementingkan bunyi, struktur dan maknanya supaya kata-kata puitis tersebut bisa dinikmati tiap orang.

Baca juga:


Namun untuk menciptakan puisi yang menarik, tak semua orang bisa melakukannya. Lantas bagaimana cara menciptakan puisi yang tepat? Berikut kami rangkum dari banyak sekali sumber wacana cara menciptakan puisi yang benar.

Cara Membuat Puisi Yang Indah dan Benar Untuk Pemula

1. Mencari Inspirasi / Tema

Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Jika anda masih galau bagaimana cara menciptakan puisi, awalilah dengan mencari pandangan gres terlebih dahulu. Anda bisa mencari pandangan gres dari lingkungan sekitar, dari dongeng teman, dari pengalaman pribadi, atau dari kisah orang-orang terkenal. Dengan memejamkan mata, berjalan di taman, menikmati pemandangan sanggup menjadi salah satu sumber ide pembuatan puisi mulai muncul.

2. Menentukan Tema dan Kata Kunci

Setelah anda menemukan sesuatu untuk dibuatkan puisi, cara menciptakan puisi yang kedua dengan memilih tema yang tepat. Misalkan puisi wacana perasaan cinta seseorang yang sangat dalam, maka usahakan untuk lebih spesifik supaya pembuatan bait puisi anda berada dalam jalur yang sesuai dengan tema.

Kemudian anda bisa mengekplorasi kata kunci apa yang bekerjasama dengan tema tersebut. Misalkan keabadian, anda bisa mengembangkannya dalam sebuah atau beberapa larik puisi.

3. Gaya Bahasa

Langkah menciptakan puisi selanjutnya yaitu dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik. Salah satu gaya bahasa yang bisa anda gunakan yaitu majas.

Ada banyak sekali macam majas yang bisa anda gunakan menyerupai majas perbandingan, personifikasi, atau majas metafora.

Contoh majas perbandingan:

Wajahmu kolam mentari berembun
Contoh majas personifikasi
Diapun bertanya kepada rumput yang bergoyang

4. Perhatikan Diksi dan Rima

Cara menciptakan puisi berikutnya ialah pemilihan diksi dan rima. Diksi atau pemilihan kata sangat penting sekali, lantaran ia menjadi kunci dalam pembuatan puisi. Puisi yang indah tentunya terdiri dari pemilihan kata yang sederhana namun mempunyai makna.

Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Anda juga sanggup menggunakan diksi dengan kata yang jarang di dengar dalam obrolan sehari-hari, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan diksi kata-kata yang sering dipakai dalam sehari-hari.

Puisi akan terlihat lebih menarik dengan rima a-a-a-a, a-b-a-b, ataupun rima yang lain. Rima sangat bermanfaat dalam memperindah pembacaan puisi biar lebih tertata. Pembuatan rima bisa merangsang sisi kreativitas untuk mencari kata-kata lain biar sanggup memenuhi lantunan di kata sebelumnya.

Contoh pemakaian rima a-b-ab:

Apakah anda tak mengerti
Akuberusaha menjaga perasaan
Dalam kalutnya suasana hati
Demi tetap bertahan


5. Segeralah Menulis

Cara menciptakan puisi yang kelima yaitu segeralah anda menulis. Puisi sanggup dimulai dari penggalan bait yang terlintas dalam pikiran begitu saja. Cobalah untuk menuliskannya kemudian kembangkan goresan pena anda menjadi larik-larik puisi menyerupai hal yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Susun puisi menjadi bait-bait hingga menjadi satu puisi yang utuh dan bermakna.

Ingat anda tidak sedang menulis surat ataupun sebuah artikel. Maka, usahakan goresan pena puisi anda ringkas, padat dan indah.

6. Jangan Lupa Menulis Judul

Judul terletak di bab awal pada sebuah puisi. Sebagian orang sebelum menulis puisi terpaku akan langkah awal menulis judul. Oleh lantaran itu, anda jangan terus terpaku dalam pembuatan judul, anda bisa menciptakan judul yang menarik ketika puisi anda telah jadi. Dan pilihlah kata yang sempurna biar puisi anda unik.

Berikut pola puisi yang bisa jadi sumber acuan anda:

Kertas Putih

Tergores seucap rangkaian kata diatas kertas putih
Menuangan keluhan sesak jiwa
Baik manusia yang terombang-ambing
Desiran enggucangkan suasana lara
Menjerit indahnya kehidupan

Hari ini, ku goreskan tinta hidup ini
Diatas lembar-lembaran sucimu
Akan ku sematkan dongeng hidup ini
Di pundak, pada garis-garis lurusmu
Agar ceritaku tetap awet dikenang masa
Sampai alam dunia tiada
Ku ingin jadikanmu saksi bisu dalam sejarah panjang hidup ini

Nah, di atas yaitu cara menciptakan puisi yang bisa anda ketahui. Walaupun terlihat gampang namun ada beberapa cara biar puisi anda sanggup dinikmati.

Untuk mahir dan handal dalam menciptakan puisi, anda harus sering berlatih menulis puisi. Selain itu, anda juga harus banyak membaca puisi, dengan membaca sejumlah puisi niscaya akan memperbanyak anda menemukan kosakata-kosakata yang bisa menjadi sumber acuan anda dalam pembuatan puisi selanjutnya.

Sebaliknya, kalau anda sudah berlatih namun risikonya tak bisa menciptakan puisi juga, maka kami sarankan anda memesan saja di jasa pembuatan puisi. Cukup banyak yang menyediakannya, salah satunya yang paling direkomendasikan ialah di link JASA BUAT PUISI. Dengan harga yang murah, anda sudah mendapat puisi yang indah sesuai pesanan.

Demikian artikel mengenai langkah cara menciptakan puisi yang baik dan benar untuk pemula. Semoga bermanfaat dan janga lupa untuk dishare keteman-teman anda yang juga ingin mencar ilmu bagaimana pola cara menciptakan puisi untuk pemula.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Puisi Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel