9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya
9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya - Aplikasi pengolah kata terus mengalami perkembangan yang sangat cepat. Bahkan, dikala ini terdapat ratusan aplikasi pengolah kata yang mengatakan aneka macam akomodasi untuk mengatakan kemudahan bagi penggunanya. Disini aku akan membagikan 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik dan Beserta Fungsinya.


1. Microsoft Word.

Nah, dengan namanya saja mungkin kalian sudah tau dengan aplikasi ini. Microsoft Word atau yang sering disebut dengan Ms.Word merupakan sebuah aktivitas aplikasi pengolah kata (Word processor) yang sangat populer. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, yaitu perusahaan Microsoft Corporation. Microsoft Word berada dalam satu paket yaitu aktivitas Microsoft Office. Pada paket tersebut, anda juga bisa sanggup menemukan aktivitas pengolah informasi lainnya ibarat Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Tiap-tiap aktivitas tersebut mempunyai fungsi yang tersendiri yang diubahsuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer dalam mengolah informasi.

Mengapa orang lebih banyak menentukan memakai aplikasi Microsoft Word ?

Karena Microsoft Word disukai oleh pengguna lantaran gampang digunakan. Menu, perintah. dan tombol dalam pengolah kata ini telah di tata dengan rapi sehingga sangat memudahkan penggunanya. Oleh lantaran itu, tidak heran bahwa tampilan antarmuka Microsoft Word diikuti oleh banyak pengolah kata lainnya yang bermuncullan belakangan ini.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Kemampua Microsoft Word untuk menghasilkan aneka macam jenis dokumen sangatlah baik. Kamu sanggup memakai Microsoft Word untuk mengetik surat, memo, proposal, laporan kegiatan, aneka macam jenis publikasi hingga dengan buku yang mempunyai ribuan halaman. Dokumen yang dilengkapii tabel dan gambar juga gampang dibentuk dengan pengolah kata ini. Template-template yang disediakan Microsoft Word merupakan template yang biasanya dipakai di dunia bisnis. Oleh lantaran itu, dokumen yang dihasilkan dengan Microsoft Word mempunyai tampilan yang sangat profesional.

2. OpenOffice Writer.

OpenOffice Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang di produksi oleh Sun Microsystems, didistribusikan bersama paket aplikasi perkantoran OpenOffice. Selain itu pengolah kata Writer, dalam paket aplikasi tersebut terdapat aplikasi Calc (Pengolah Angka), Impress (Pengolah presentasi), Base (Pengolah basis data), dan Drawing (Pengolah gambar). Paket aplikasi OpenOffice mempunyai kemampuan hampir sama dengan Microsoft Office.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Jika dibandingkan dengan Microsoft Word, OpenOffice Writer mempunyai beberapa kelebihan. Open Office Writer sanggup berjalan pada aneka macam sistem operasi, termasuk Mac OS, Microsoft Windows, Linux, FreeBSD, Irix, dan Solaris. Nah, disini aku akan membagikan juga kelebihan-kelebihan yang ada pada OpenOffice Writer.

1. Bersifat free atau gratis sehinnga sanggup diperolah dan dipakai tanpa membayar lisensi.
2. Menggunakan format dokumen Open Document Format Text Document (.odt) yang dipakai oleh pengolah kata AbiWord dan StarOffice Writer. Aplikasi ini uga bisa mengenali dokumen dengan format .txt, .swx, .doc, .rtf, .swd, .html, .pdb, .xml, dan .psw.
3. Dapat dipakai untuk membuka dan mengedit dokumen yang diolah melalui Microsoft Word.
4. Fasilitasnya terus dikembangkan oleh komunitas open source di seluruh dunia loh. :D
5. File yang di hasilkan tidaklah gampang terjangkit virus.
6. Kode sumbernya bersifat terbuka (open source) sehingga siapapun tidak sanggup memodifikasi dan mengembangkannya.

Nah, untuk sekian dulu kelebihan-kelebihan OpenOffice Writer yang aku ketahui.

3. StarOffice Writer.

StarOffice Writer merupakan aplikasi pengolah kata yang merupakan bab dari paket aplikasi StarOffice. Pengolah kata ini sanggup berjalan pada aneka macam macam sistem operasi, termasuk Windows, Solaris, dan Unix. Secara umum StarOffice mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan Microsoft Word dan OpenOffice Writer. Aplikasi ini sanggup membuka dan menyimpan dokumen dalam aneka macam format, ibarat OASIS Open Document dengan format .odt, .doc, .rtf, dan .xhtml.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


StarOffice Writer juga mempunyai fitur word completion mechanism yang sanggup dipakai untuk melengkapi sebuah kata sebelum kata itu final diketik seluruhnya. Akan tetapi, StarOffice Writer ini tidak mempunyai mode tampilan Normal View dan akomodasi pengecekan tata bahasa (grammar checker).

4. Lotus Word Pro.

Lotus Word Pro merupakan pengolah kata buatan Lotus Software milik IBM. Pengolah kata ini merupakan bab dari paket aplikasi Lotus SmartSuite. Lotus Word Pro dirancang untuk berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows dan INM OS/2 Warp.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Lotus Word Pro sanggup membuka dan mengedit dokumen yang di olah dengan Microsoft Word, demikian juga sebaliknya. Salah satu kelebihan dari pengolah kata ini ialah yaitu sanggup memungkinkan penggunanya untuk mendiktekan kata-kata yang akan ditulis. Selain itu, Lotus Word Pro sanggup pribadi terkoneksi ke internet sehinnga pengguna bisa mengirim e-mail melalui jendela Lotus Word Pro.

5. Corel WordPerfect.

Corel WordPerfect ialah pengolah kata yang merupakan bab dari paket aplikasi WordPerfect Office. Pengolah kata ini sanggup dipakai pada sistem operasi Windows. Dokumen yang dibentuk memakai WordPerfect mempunyai ekstensi .wpd. Seperti halnya aplikasi pengolah kata lainnya, WordPerfect sanggup dipakai untuk membuka dan mengedit dokumen yang dibentuk memakai Microsoft Word.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Kelebihan yang terdapat pada Corel WordPerfect ini ialah kemampuannya yang ibarat Microsoft Word, sementara itu harganya lebih murah. Akan tetapi, pengolah kata ini membutuhkan perangkat keras dengan kemampuan tinggi sehingga penggunanya tidak sebanyak pengguna Microsoft Word pada masa sekaran ini.

6. Apple iWork Pages.

Apple iWork Pages merupakan paket aplikasi perkantoran yang dibentuk oleh Apple Corporation untuk sistem operasi Mac OS X. Di dalam paket aplikasi ini terdapat pengolah kata Pages. Pages sanggup dipakai untuk membuka dan mengedit dokumen yang dibentuk memakai Microsoft Word dan dokumen dengan format .doc, .rtf, dan .txt. Apple iWork Pages juga sanggup mengekspor dokumen ke format .doc dan .pdf.


 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Pengolah kata Apple iWork Pages dilengkapi dengan 140 template untuk menciptakan aneka macam jenis dokumen, termasuk undangan, laporan, dan buletin. Dengan aplikasi tambahan, pengguna juga sanggup memasukkan film, foto dan musik ke dalam dokumen tersebut.

7. WordPad.

WordPad merupakan aplikasi pengolah kata sederhana buatan Microsoft Corporation. Aplikasi ini didistribusikan bersama dengan sistem operasi Windows.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Dokumen yang dibentuk memakai WordPad mempunyai format .rtf. Meskipun demikian, aplikasi imi bisa mengenali beberapa tipe dokumen dari aplikasi lain sepert format .txt, .doc, dan .wri. Kemampuan ini memungkinkan penggunanya untuk membuka dokumen Microsoft Word (.doc) meskipun tidak mempunyai aplikasi Microsoft Word.

8. AbiWord.

AbiWord merupaka pengolah kata open source yang sanggup dipakai secara bebas (free). Pengolah kata ini pertama kali dibentuk oleh Source Corporation, tetapi kemudian diambol alih oleh komunitas open source. AbiWord sanggup berjalan pada sistem op

erasi Linux, Mac OS X (Power PC and Intel), Microsoft Windows, React Os, BeOS, Solaris, AmigaOS 4.0, dan sejumlah sistem operasi lainnya.


 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Pengolah kata AbiWord sanggup dipakai untuk pekerjaan pengolah kata dokumen standar ibarat mengatur ukuran, warna dan jenis huruf. Selain itu juga, AbiWord juga sanggup dipakai untuk pengolah dokumen yang lebih canggih ibarat menciptakan tabel, style, header dan footer, catatan kaki (footnote), template atau dokumen berkolom. Bahkan, AbiWord juga dilengkapi dengan kemampuan spelling dan grammar checking.

9. IBM Lotus Symphony Documents.

IBM Lotus Symphony Documents terdapat dalam paket IBM Lotus Symphony yang dirilis pada tahun 2007. Aplikasi pengolah kata yang sanggup diunduh secara gratis ini sanggup dioperasikan pada sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS X. Dokumen-dokumen yang dibentuk dengan OpenOffice Writer dan Microsoft Offie didukung pula oleh pengolah kata.

 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya 9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya


Cukup sekian untuk artikel 9 Aplikasi Kata Terbaik Beserta Fungsinya, nantikan lagi artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan berkhasiat untuk kalian dan jangan lupa juga untuk mengshare artikel ini bila bermanfaat. Jika ada penulisan kata yang salah, aku minta maaf.

Belum ada Komentar untuk "9 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel